Bethon Startup Weekend Business Creative Millenials SMK Pasundan 1 Kota Bandung

JURNAL SMK PASONE – Pada tanggal 13 – 14 November 2019 SMK Pasundan 1 Kota Bandung mengadakan sebuah seminar bisnis yaitu BETHON STARTUP BUSINESS CREATIVE MILLENIALS yang berpatisipasi dari pengusaha bisnis CO & CO Workspace dan CEO

FOTA (Founders Talent). Acara ini diikuti oleh 62 peserta dari semua jurusan dan tingkatan kelas. Acara tersebut diselenggarakan di sekolah SMK Pasundan 1 Kota Bandung dari jam 08.00 s/d selesai. Diadakannya acara ini diharapkan agar anak – anak termotivasi dan mendapatkan arahan akan bisnisnya atau bagaimana cara yang tepat untuk mendirikan sebuah bisnis.    Selanjutnya ada banyak sekali  sambutan – sambutan dari orang – orang hebat yang telah sukses akan bisnis yang telah dibangun yaiyu dari Pak Ridwan dan Mas Ongki dari CO & CO Workspace, dan dari ibu Ida dan Pa Agung dari CEO FOTA(Founders Talent). Dan juga ada sambutan dari Pak surya dan ibu Ade sebagai motivator business incubator.  

Mereka semua telah berbisnis cukup lama dan banyak memliki cabang dimana – mana. Mereka berharap agar siswa – siswi SMK mampu menjadi seorang pewirausaha bukan jadi penambah pengangguran. Seminar ini diadakan diharapkan agar anak muda bisa melahirkan sebuah ide kreativitas nya dengan menyalurkannya melalui bisnis yang bisa memberi penghasilan dengan baik. Dan acara ini memberi peluang hanya dari satu tim yang berhasil untuk belajar berbisnis dengan orang – orang hebat itu yaitu salah satu oleh business CO & CO Workspace yang akan membimbing mereka selama kurang lebih 3 bulan.

  Bisnis CO & CO Workspace merupakan suatu bisnis dengan adanya kolaborasi di dalamnya. Bisnis ini termasuk bisnis yang besar di Bandung. Meraka telah mengeluarkan banyak wirausaha dan produk yang telah tersebar luas di berbagai tempat. Salah satunya yaitu UPNORMAL. Di CO & CO Workspace kita dapat belajar untuk berkolaborasi yaitu dengan berbisnis sambil memperluas bersosialisasi dengan berbincang bincang dengan lebih banyak orang yang bisa menambah wawasan dan pertemanan.   Suatu bisnis muncul karena adanya suatu ide – ide dan kreativitas yang dapat melahirkan pemikiran yang mampu menghasilkan buah hasil yang baik. Menurut Mas Ongki “Agar kreativitas bisa terjaga yaitu dengan mencoba tanpa takut akan gagal lalu mencatat semua kegagalan sebagai motivasi dan membentuk sebuah kreativitas yang baru sebagai sebuah solusi”. Dan disambung oleh Pak Ridwan dengan bertanggapan  “Dan dari banyaknya sebuah perbedaan akan melahirkan banyaknya kekreativitas”.

 Lalu disambung oleh ibu Ade “Bagaimana cara mengasah kreativitas yaitu dengan cara melakukan yang bukan kebiasaannya dikarenakan dapat membuat cara kerja otak mampu berpikir untuk mencari jalan untuk maju ketahap selanjutnya”. Setelah itu ada banyak peserta yang bertanya dan salah satu bartanya “Apa kunci utama untuk berwirausaha?”. Mas Ongki pun menjawab “Kunci utama dalam berwirausaha yaitu kebutuhan untuk bekerja terpenuhi seperti tempat kerja, developer untuk pembua website, dan lainnya denga menjaga fasilitas yang ada untuk berlanjut ketahap selanjutnya”.   Semua pembisnis menginginkan sebuah kesuksesan dalam usahanya, menurut Pak Surya “Kunci kesuksesaan untuk memulai bisnis adalah meminta maaf kepada orang tua karena kunci kesuksesan ada di tangan orang tua dan yang kedua bergaul dengan orang yang mempunyai pemikiran yang sama”.

Dan menurut Pak Ridwan “Kunci utama bagi kami yang telah kami alami adalah belajar dari kegagalan”. Banyak sekali kata – kata yang dapat membuat anak – anak muda ini bisa btermotivasi oleh tokoh – tokoh besar ini agar mendapat arahan dan pandangan untuk kedepannya.   Agar usaha kita bisa tercapai dengan sukses dan bisa berinteraksi dengan klaien dengan baik maka utamakan karakter kita dengan baik sehingga bisa memberi kesan yang baik bagi konsumen/klaien yang bersangkutan. “Pengetahuan akan memberimu kekuatan, tetapi karakter akan memberimu kehormatan”(Bruce Lee actor,sutradara,penulis – cina Amerika 1940-1973).  

Selain pematerian ada juga games yang diadakan sebagai penghibur untuk para peserta seperti membuat gerakan dari yel yel be mine dengan seunik mungkin, Mysteri Box, dan Sing song together. Dalam game tersebut juga terdapat pesan yang ada dikandung nya seperti dalam game mystery box yang disimpulkan oleh salah satu peserta “Bahwa mencari nafkah atau uang itu tak semudah seperti yang kalian bayangkan”.   Maka dari itu kita dapat simpulkan bahwa sebagai seorang pengusaha atau pewirausaha kita harus tanamkan dalam diri kita yaitu kesungkanan, peercaya diri, motivasi, dukungan, dan determinan (Kemampuan dalam bertahan).   Dan juga memperkuat alasan dalam diri kita mengenai bisnis yang di bangun, bisnis masa depan, dan pandangan untuk kedepannya.

Penulis : Vini Ramadhania
Editor : Aqshal Alukal Fauzan
Fotografer : Sari Fitroh Abdiah
Videografer : Aditya Surharyana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Social profiles
%d blogger menyukai ini: