Situs IndoXXI Tutup, Kemkominfo Blokir Massal Web Streaming Ilegal

JURNAL SMK PASONE – Aksi bersih-bersih tampaknya bisa menggambarkan langkah yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk memblokir berbagai situs web streaming ilegal atau bajakan.

Kementerian ini mengklaim telah memblokir 1.130 situs web streaming ilegal atau bajakan, kurun Mei hingga Desember 2019. Salah satunya, situs IndoXXI.

Ancaman tindakan tegas disampaikan langsung Menkominfo Johnny G. Plate. Dia bahkan mengaku akan bertindak lebih jauh lewat jalur hukum, untuk memberikan efek jera bagi penyedia film bajakan.

“Terkait hal ini (memberikan efek jera kepada penyedia film bajakan) perlu koordinasi dengan lintas kementerian dan lembaga-lembaga hukum. Juga bisa berhubungan secara strategis dengan BSSN,” ujar Johnny di Jakarta, Rabu (25/12/2019).

Selanjutnya 91 situs web streaming diblokir pada bulan Oktober, 79 situs web diblokir pada November, dan 456 situs web diblokir pada Desember.

Beberapa alamat situs web streaming ilegal itu antara lain movieindoxxi.live, movieindoxxi.net, indoxxi.art, indoxxi.bar, dan lain-lain.

Kabar mengejutkan datang di tengah ancaman dan gencarnya pemblokiran tersebut. Salah satu situs web streaming ilegal yang paling populer di Indonesia, IndoXXI, secara mengumumkan bakal menutup layanannya pada 1 Januari 2020.

IndoXXI yang kini masih bisa diakses melalui link IDTube.me dengan IP address 103.194.171.75 sudah berpamitan kepada para penggunanya.

“Sangat berat tapi harus dilakukan, terima kasih kepada seluruh penonton setia kami, terhitung sejak tanggal 1 Januari 2020, kami akan menghentikan penayangan film di website ini,” tulis IndoXXI.

Lebih lanjut, pengelola laman ini menyebut, penutupan penayangan film dilakukan untuk mendukung dan memajukan industri kreatif Tanah Air.

“Demi mendukung dan memajukan industri kreatif Tanah Air, semoga ke depannya akan menjadi lebih baik. Salam, IndoXXI,” sambung IndoXXI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Social profiles
%d blogger menyukai ini: